Home Sekolah Profil Sekolah

 

SEJARAH SEKOLAH

TK - SD Kuncup Melati Semarang memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang. Selama 65 tahun telah memberikan pengabdiannya kepada masyarakat khususnya dibidang pendidikan. Sejak berdiri pendidikan diberikan dengan gratis, lebih dari 4.000 peserta didik pernah belajar di sekolah ini, mereka berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Bermula pada hari Minggu, 1 Januari 1950 Bapak Lie Ping Lien mendirikan KOERSOES PEMBERANTASAN BOETA HOEROEF KHONG KAUW HWEE SEMARANG ( sau tjhuk wen mang siek siao yang artinya sapu bersih buta huruf) diikuti oleh 60 peserta didik yang sebagian besar merupakan anak-anak pengungsi. Tujuan kursus hanya “sekedar” menghantar peserta didik bisa membaca, menulis dan berhitung. Materi pelajaran adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Mandarin, dan berhitung serta pendidikan budi pekerti. Pendidikan hanya berlangsung selama setahun dan langsung diganti peserta didik baru.

Seiring berkembangnya pendidikan dan meningkatnya jumlah peserta didik maka pada tahun 1952, status kursus pemberantasan buta huruf ditingkatkan menjadi TAMAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK ( TPA ) setara dengan Sekolah Rendah atau Sekolah Rakjat, namun karena keterbatasan sarana dan prasarana, pendidikan hanya berlangsung sampai kelas 4.

Mengelola sekolah gratis bukan hal yang mudah, terbukti dari tahun 1964 sampai tahun 1972 kesulitan mulai bermunculan, dimulai wafatnya para pengurus dan pendidik, serta sebagian besar donatur menghentikan bantuannya hingga situasi negara yang tidak kondusif, mengakibatkan TPA Khong Kauw nyaris ditutup. Namun berkat kesigapan dan kerja keras mantan pelajar yang tergabung dalam “Panitiya Penyelamat TPA Khong Kauw” kesulitan yang terjadi berhasil diatasi.

Berangsur-angsur TPA Khong Kauw menunjukan kemajuannya kembali. Sarana dan prasarana mulai dilengkapi sehingga tahun ajar 1979/1980 status dapat ditingkatkan menjadi TK – SD TPA KHONG KAUW, dan pendidikan berlangsung hingga kelas 6. Ditahun ini pula peserta didik mulai terdaftar pada Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Bersamaan dengan peresmian gedung sekolah pada tanggal 09 Oktober 1992 nama sekolah dirubah menjadi TK – SD TPA KUNCUP MELATI. Kemudian tahun 2009 sebutan TPA dihilangkan, sehingga kini bernama TK – SD KUNCUP MELATI. Mulail tahun ajaran 2012/2013 Yayasan Khong Kauw Hwee membuka SMPGratis  yang masih satu lokasi dengan TK dan SD Kuncup Melati.

 

 

PROFIL SEKOLAH

 

Gedung TK - SD - SMP Kuncup Melati memiliki sarana 2 ruang kepala sekolah dan guru, 10 ruang kelas, 1 ruang perpustakaan, 1 ruang kesehatan sekolah, 1 ruang pendidikan budi pekerti serta halaman upacara.

Motto : Tekun belajar, setiap hari meraih prestasi

Maskot : Melati adalah bunga bangsa. Mekarnya melati menginspirasi pelajar untuk tekun belajar, setiap hari meraih prestasi.

 

 

 

 


Copyright @ 2010 KhongKauwHwee. Allright Reserved. WebMaster